5 Tempat Wisata Populer di Sumatera - CyberMag.xyz

Blog ini merupakan website majalah online ternyaman di Indonesia

Hot

Friday, May 6, 2016

5 Tempat Wisata Populer di Sumatera

Smartexpo.info - Tempat wisata di Sumatera. Siapa yang tak kenal Sumatera, pulau terbesar di Indonesia setelah Kalimantan dengan luasnya 473.481 km² dan juga merupakan pulau terbesar di dunia dengan peringkat keenam. untuk sahabat Traveller kami akan merangkum 10 tempat wisata populer di Sumatera, meskipun masih puluhan wisata lainnya yang terdapat di pulau Sumatera ini. berbagai ragam wisata terdapat di pulau ini, entah itu objek wisata maupun wisata kulinernya, karena begitulah ragamnya Indonesia, mempunyai banyak suku dan budaya, sehingga semakin memberi warna dalam kehidupan rakyat Indonesia.
berikut 5 tempat wisata populer di Sumatera :

1. Mesjid Raya Baiturrahman di Aceh

tempat wisata di Sumatera
Mesjid Raya Baiturrahman mirip Taj Mahal
Mesjid yang berdiri di atas tanah di Kota Banda Aceh ini, merupakan salah satu mesjid yang menjadi tujuan para wisatawan luar maupun lokal, Aceh yang merupakan provinsi paling ujung dari Indonesia ini memiliki berbagai macam keindahannya, ketika tsunami terjadi, mesjid ini masih berdiri kuat diantara bangunan lainnya. Mesjid ini merupakan mesjidnya Kesultanan Aceh dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada sekitar tahun 1022 Hijriyah atau pada tahun 1612 Masehi. Mesjid yang megah ini sangat mirip dengan bangunan Taj Mahal yang ada di India.
sejarah menyebutkan bahwa mesjid ini merupakan pusat pembelajaran agama dari segala penjuru dunia pada masa kesultanan Aceh, sejarah lengkapnya bisa anda baca di wikipedia

2. Danau Toba di Sumatera Utara
 
tempat wisata di Sumatera
Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya

Siapa yang tak kenal danau Toba, Danau yang melegenda dan menjadi materi pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini merupakan danau yang sangat indah, terletak di Medan Sumatera Utara, dengan panjang 100km dan lebar 30km, danau ini merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara. di tengah danau terdapat pulau vulkanik yang bernama pulau samosir, semakin menambah kecantikan dari danau ini.

3. Jembatan Ampera di Sumatera Selatan
 
tempat wisata di Sumatera
Jembatan ampera di malam hari

Jembatan Ampera merupakan sebuah jembatan yang sangat megah dengan panjangnya 1.177 meter yang berdiri di atas Sungai Musi dengan menghubungkan wilayah perkotaan yaitu Seberang Ilir dan Ulu, jembatan ampera ini merupakan ikon dari Kota Palembang. Sejarahnya Jembatan ini dibangun tahun 1962 dengan menggunakan harta rampasan dari Jepang serta menggunakan tenaga ahli Jepang. kalau dilihat dari malam hari jembatan ini semakin terlihat sangat indah.

4. Taman Nasional Kerinci Seblat
 
tempat wisata di Sumatera
Taman Nasional Kerinci

Taman ini merupakan salah satu situs warisan dunia yaitu UNESCO, taman terpanjang yang ada di sumatera ini membentang 4 provinsi, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Taman ini memiliki berbagai wisata seperti mata air panas, air terjun, danau Kaldera, dan lainnya dengan berbagai jenis flora dan fauna, ada sekitar 4000 spesies tumbuhan yang ada di taman ini, salah satunya adalah bunga yang sangat terkenal yaitu bunga bangkai atau Raflesia Arnoldi. sedangkan dari binatang terdapat berbagai jenis asli Sumatera, seperti macan, gajah, harimau, dan badak, tapir dan beruang.

5. Rumah Gadang di kota Padang


Museum informasi dan dokumen kebudayan Minangkabau
Rumah Gadang merupakan rumah khas dari daerah kota padang, sering kita melihat berbagai ikon dan gambar menghiasi rumah makan padang yang ada di berbagai daerah di Indonesia, rumah makan padang yang terkenal dengan berbagai macam masakan dan makanan ini memang selalu memberikan rasa yang berbeda, yaitu terkenal dengan daging rendang khas padang. jangan lupa untuk mencicipinya.
Rumah Gadang yang ada di foto tersebut merupakan salah satu museum yang terletak di kota Padang Panjang Sumatera Barat.
Museum ini berisi berbagai informasi dan dokumen mengenai kebudayaan Minangkabau.

berikut 5 tempat wisata populer di Sumatera, mungkin bagi anda yang berada dari luar pulau bisa memilih tempat wisata tersebut, karena selain terkenal para wisatawan juga pastinya akan lebih banyak, sehingga perjalanan wisata anda akan semakin menarik. baca juga tips jalan-jalan ala smex
sumber artikel dan foto : id.wikipedia.org

Yuk Explore Sumatera

No comments:

Post a Comment