Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2017 - CyberMag.xyz

Blog ini merupakan website majalah online ternyaman di Indonesia

Hot

Sunday, November 13, 2016

Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2017

Masih ingatkah Anda ketika hardisk di komputer menjadi satu-satunya tempat  untuk menyimpan file? Ya itu zaman dulu. Satu-satunya alat untuk menyimpan file tambahan adalah berupa disket yang kapasitasnya sangat minim. 

Lalu dalam perkembangan berikutnya ada flash disk yang punya kapsitas lumayan sampai dengan ukuran gigabyte. Tapi kebutuhan manusia untuk menyimpan data makin tinggi dan itu tak dapat lagi dipenuhi oleh flashdisk. Karena itu kemudian muncullah hardisk eksternal yang mampu menampung data hingga ukuran terabyte. Dengan begitu mau menyimpan data dengan ukuran besar sekalipun tidak akan kesulitan. 

Nah, berhubung sebentar lagi akan memasuki tahun 2017, berikut ini sejumlah hardisk eksternal terbaik    yang direkomendasikan untuk Anda miliki. Data ini diambil dari situs MatahariMall.com.
Ada beberapa hal yang dinilai mengapa sebuah hardisk eksternal bisa disebut terbaik. Hal ini tak lain selain melihat dari pekmbangan teknologinya juga dari permintaan pasar. Hardisk yang laku keras menandakan produk tersebut memang disukai oleh konsumen. 
Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2017
Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2017

Biar lebih jelas beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam menilai hardisk dengan kualitas terbaik itu.

1. Kapasitas penyimpanan
Saat ini hardisk eksternal memiliki kapasitas dari 500 GB hingga 4TB. Tentu semakinbesar kapasitasnya, harganya pun lebih tinggi. Tapi kalau boleh dibilang relatif tidak begitu jauh perbedaan harganya.
Sebagai contoh untuk hardisk eksternal dengan kapasitas 1Tb itu bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 700 ribuan. Lalu untuk hardisk kapasitas 2Tb harganya sekitar Rp 1,1 juta. Jadi dengan peningkatan kapasitas lebih dari 2 kalinya, harganya hanya terpaut beberapa ratus ribu saja. Kemudian untuk hardisk eksternal dengan kapasitas 4Tb itu dijual dengan kisaran harga Rp 1,9 juta. Dengan kapasitas dua kalinya tapi harganya tak sampai dua kalinya.
Nah, kalau dibandingkan antara harga dengan kapasitas hardisk tersebut memang mungkin lebih baik beli sekalian yang besar. Sebagai contoh untuk hardisk eksternal WD Passport Ultra 4Tb itu di MatahariMall.com dijual dengan harga sekitar Rp 1,9 juta saja. 

2. Kecepatan transfer data
Hardisk eksternal terbaik itu juga dapat dinilai dari kecepatan dalam mentransfer data. Sering kali hardisk eksternal ini difungsikan sebagai tempat untuk mem-back up data. Dan kegiatan data itu mungkin akan sering dilakukan. Dengan memiliki hardisk eksternal yang cepat dalam memproses perpindahan data, itu jelas akan menghemat waktu Anda.
Untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat dari tipe USB pada hardisk tersebut. Jika hardisk tersebut sudah menggunakan USB 3.0 jelas itu lebih baik dibandingkan dengan hardisk yang masih menggunakan USB 2.0. Perbandingannya, hardisk dengan USB 3.0 itu bisa mentransfer data 10 kali lebih cepat dibanding dengan hardisk yang menggunakan USB 2.0. 

3. Ukuran hardisk
Tidak dipungkiri, ukuran hardisk sangat penting. Sebab hardisk eksternal ini akan sering dibawa berpindah tempat. Dengan ukuran yang slim dan ringan, itu akan memudahkan saat dibawa maupun ditempatkan di tas kita. 

4. Kuat
Maksudnya hardisk eksternal tersebut tangguh saat menghadapi guncangan maupun benturan. Ini bukan berarti Anda harus mencobanya dengan membantingnya. Tapi karena hardware yang satu ini akan sering dibawa, maka kemungkinan besar akan sering mengalami guncangan. Hardisk eksternal yang bagus tidak akan mudah rusak ketika mengalami kondisi seperti itu.
Nah itulah beberapa kriteria yang bisa Anda gunakan dalam memilih hardisk eksternal terbaik di tahun 2017 ini. Coba cari hardisk dengan ciri tersebut di MatahariMall.com.