Sering berbelanja di toko online? jika
ya, anda pasti pernah mengalami beberapa masalah di bawah ini. Bagaimana
perasaan anda? Wah… pastinya campur aduk, ada rasa sedih, marah, kesal dan
lain-lain. Masalah-masalah yang terjadi saat berbelanja online sebenarnya tidak
hanya anda saja yang mengalami, tapi orang-orang di luar sana juga mungkin
pernah merasakan hal yang sama. akhirnya mereka pun curhat di facebook maupun situs forum lainnya.
Bagi yang belum tahu mengenai masalah
apa saja yang bisa terjadi ketika orang sering berbelanja online, baik lewat
online shop milik pribadi atau lewat situs toko online besar, anda
bisa simak ulasannya berikut ini. Setidaknya ada 5 masalah yang akan kita
bahas. Apa saja? Penasaran?
1. Telat Datang
Berbelanja
lewat online pasti memerlukan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan pesanan
ke alamat pembeli. Ada beberapa kategori pilihan pengiriman, mulai dari yang
cepat dan agak lambat. Namun biasanya, ada keterangan berapa hari waktu yang
diperlukan agar paket bisa sampai ke tangan pembeli. Nah, terkadang beberapa
faktor membuat paket datang terlambat atau tidak sesuai jadwal pengiriman
sehingga seringkali membuat pembeli kecewa.
2. Barang Tidak Sesuai
Saat
memilih item yang ingin dibeli, costumer hanya
dapat melihat melalui foto barang yang dipajang lewat online shop atau situs. Tampak pada gambar, barang begitu terlihat
bagus dan menarik, namun ketika sudah sampai ke pembeli ternyata barang jelek
atau tidak sesuai seperti di foto. Duh… kalau sudah seperti ini, pembeli pasti
jadi sedih.
3. Barang Rusak/Cacat
Kerusakan
barang bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya kurangnya perlindungan
terhadap barang yang dikirim, saat proses pengiriman terjadi kecelakaan
misalnya jatuh, atau karena dari penjual online yang memang sengaja mengirimkan
barang yang rusak. Untuk masalah yang satu ini, memang harus dipastikan
terlebih dahulu apa penyebabnya sebelum pembeli ingin melakukan komplain.
4. Pembatalan Sepihak
Ketika pembeli
sudah mengkonfirmasi segala hal yang diperlukan dalam proses jual beli online
dan tinggal menunggu pengiriman barang, tiba-tiba pihak online shop melakukan pembatalan sepihak misalnya karena ada
masalah dengan jumlah stok yang ternyata kosong, tentu ini akan menjadi masalah
yang sangat menjengkelkan. Masalah ini memang kerap terjadi, terlebih oleh
oknum seller yang kurang bertanggung jawab.
5. Penipuan
Sudah sering
rasanya kita mendengar penipuan yang terjadi lewat internet, seperti adanya online shop abal-abal. Beberapa orang
pernah mengalami hal ini. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli, ketahui
lebih dahulu bagaimana ciri-ciri online shop terpercaya dan mana yang penipuan.
Jadi, telitilah sebelum membeli!
No comments:
Post a Comment